DP Rumah Murah di Batam Dengan Bantuan Subsidi Pemerintah

Menjadi salah satu kota industri maju di Indonesia, Batam menarik perhatian banyak orang untuk beli rumah di Batam. Namun masalahnya rumah harganya terus naik, padahal rumah merupakan kebutuhan primer. Beberapa cara pun dilakukan untuk memiliki rumah, salah satunya dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Syarat mutlak saat mengajukan KPR adalah menyediakan Down Payment (DP) atau uang muka. Uang muka terdiri dari beberapa persen dari harga aslinya. Namun, tetap saja harga DP masih bisa terlalu tinggi bagi sebagian orang yang ingin menetap di Batam.

Untuk mengakalinya, anda bisa mencari promosi rumah yang DP 0 rupiah. Anda bisa banyak menjumpai promosi tersebut dengan rajin-rajin mengunjungi pameran atau promosi rumah di pusat perbelanjaan atau internet.

Namun ada kabar baik bagi anda. Per maret 2021 ini, Bank Indonesia mengizinkan bank memberikan KPR tanpa uang muka sehingga memudahkan anda yang ingin segera punya rumah di batam. Pembebasan DP ini berlaku hingga 31 Desember 2021 dengan cara bank menanggung seluruh kebutuhan dana untuk DP KPR dengan konsep pelonggaran rasio to value (LTV) dan juga Financing to Value (FTV) menjadi 100%.

Namun bank yang bisa menerapkan hal tersebut hanya mereka yang memiliki rasio kredit bermasalah maksimal 5%. Jika di atas itu maka pembiayaan DP-nya hanya 95% sehingga anda tetap harus membayar 5% sisanya.

Selain itu, anda bisa mengajukan rumah subsidi pemerintah yang pastinya akan jauh lebih murah. Namun tentu saja, ada kriteria yang berlaku. Berikut kriteria rumah bersubsidi pemerintah:

  1. Luas tanah sekitar 60 m2
  2. Luas bangunan maksimal hingga 36 m2
  3. Rumah pertama
  4. Tidak boleh dijual kembali atau over kredit rumah subsidi minimal 5 tahun untuk rumah tapak tanah, dan minimal 20 tahun untuk rumah susun sejahtera sejak pembelian

Syarat dan ketentuan yang berlaku untuk rumah subsidi:

  1. Berstatus WNI dan berdomisili di Indonesia
  2. Minimal berusia 21 tahun dan usia maksimal 55 tahun
  3. Punya penghasilan tetap. Minimal Rp 4 juta untuk rumah tapak dan maksimal Rp 8 juta untuk rumah susun sejahtera
  4. Belum pernah menerima subsidi rumah sebelumnya
  5. Belum pernah mengajukan KPR rumah subsidi dari satu kartu keluarga yang sama
  6. Menyerahkan fotokopi NPWP atau SPP tahunan PPh
  7. Tidak punya rekam jejak buruk saat berurusan dengan bank

Lalu untuk dokumen-dokumen yang perlu anda siapkan, diantaranya:

  1. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan akte nikah apabila status sudah menikah
  2. Pas foto 3×4
  3. Slip gaji asli bulan terakhir
  4. Surat keterangan pekerja aktif yang bertanda tangan HRD perusahaan anda
  5. Fotokopi surat karyawan tetap
  6. Surat keterangan belum punya rumah yang bisa anda dapat dari lurah tempat anda menetap saat ini
  7. Buku tabungan rekening bank
  8. SPT tahunan
  9. Mengisi form aplikasi KPR dan FLPP
  10. Materai 15 lembar

CitraLand Megah menyediakan pembelian rumah secara kredit dengan DP mulai dari 4% dan bunga tetap 4.40% selama masa pembayaran 3 tahun. Berada di lokasi yang strategis yaitu Batam Center sehingga akses kemanapun semakin mudah. Beli rumah di Batam pun kini makin mudah.

Untuk mendapatkan informasi rumah lebih detail di batam, di citralandmegahbatam.com, hubungi kami melalui no Whatsapp di sudut kanan bawah.

    Berita Terpopuler

    Sorry. No data so far.

Kategori Berita